Saturday, March 16, 2013

Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID



http://caraterupdate.blogspot.com/2013/03/cara-berkomentar-dengan-menggunakan-openid.html
Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID - Apa itu OpenID..? Menurut saya adalah layanan otentikasi bagi pengguna (user) dengan kontrol akses serta sistem desentralisasi standar dan terbuka, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk (login) ke dalam berbagai platform situs pendukung OpenID hanya dengan satu Identitas Digital (ID)." 






Sebelum kita bahas mengenai Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID berikut sekilas sejarah tentang OpenID yang saya ketahui. OpenID dikembangkan oleh Brad Fitzpatrick pada musim panas tahun 2005 yang merupakan seorang pendiri situs LiveJournal. OpenID pun pertama kali diterapkan dalam LiveJornal, kemudian dengan cepat telah diterima oleh situs-situs besar seperti Google, Yahoo, Microsoft, Blogger, Filckr, Symantec, PayPal, Myspace, Wordpress serta AOL dan masih banyak lagi yang lainnya, diperkirakan sekitar 10.000 situs telah mendukung login dengan OpenID. 

Lalu, apabila Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID ini kita lakukakan, keuntungan apa saja yang didapat ? Account OpenID berbentuk URL, karena Blogger sudah merupakan salah satu provider yang mendukung OpenID maka URL blog yang dibuat di Blogger otomatis akan menjadi account OpenID. Setiap Anda memberikan komentar di blog lain menggunakan OpenID, maka otomatis Anda telah menanamkan URL blog Anda pada bagian komentar blog tersebut. Jika blog yang Anda kunjungi adalah blog dengan satus dofollow, ini akan mengalirkan back link yang akan mendongkrak Page Rank blog Anda, tentu hal ini akan menguntungkan dari sisi SEO blog

Pada Artikel sebelumnya, saya pernah posting mengenai Cara Mendapat Backlink Dengan Berkomentar, sekarang, Saya mengajak Anda yang mengetahui lebih banyak tentang OpenID, untuk ikut memberikan kontribusi pada bagian komentar agar bisa menambahkan keuntungan-keuntungan lain jika berkomentar di blog menggunakan OpenID atau hal-hal lain yang masih berkaitan dengan materi postingan ini. Bagaimana Mengaktifkan OpenID di Blogger ? Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa URL blog yang dibuat di Blogger otomatis akan menjadi account open OpenID.  

Untuk memastikannya silahkan 
  • login ke blogger dengan ID Anda, 
  • pada halaman dashboard blogger klik menu Settings >> Others >> OpenID >> Your OpenID URL contoh : http://caraterupdate.blogspot.com
Sejak OpenID mengupgrade Resource Identifiernya-nya ke versi 2.0, maka untuk mengaktifkan OpenID bagi end-users (pengguna akhir) harus melalui agent-agent penyedia OpenID seperti myOpenID.com.  Berikut ini adalah cara mengaktifkan OpenID di Blogger.
  • Kunjungi salah satu agent penyedia OpenID, seperti myOpenID.com
  • Klik tombol SIGN UP FOR AN OPENID dan lakukan proses registrasi, masukkan informasi yang dibutuhkan seperti, UsernamePassword dan E-mail untuk verifikasi.
Catatan : 
untuk username masukkan Title Blog atau Nama Lengkap Anda, karena username yang akan menjadi Teks Link saat Anda memberikan komentar di blog lain.  Catat password dan jangan sampai lupa karena password ini juga yang akan digunakan untuk verifikasi saat Anda memberikan komentar di blog lain.
  • Login ke blogger dengan ID Anda
  • Pada halaman dashboard blogger klik title blog Anda
  • Pilih menu Template >> Edit HTML >> Proceed
  • Cari kode <head> dan tempatkan kode di bawah ini, dibawah kode <head>
<link href='http://www.myopenid.com/server' rel='openid.server'/><link href='http://cara-terupdate.myopenid.com/' rel='openid.delegate'/>
  • Ganti kode yang berwarna biru dengan URL myOpenID Anda
  • Simpan perubahan dokumen HTML template dengan menekan tombol Save Templates, sampai di sini proses aktivasi OpenID Anda telah selesai.

Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID :

Saat berkomentar di blog lain, 
  • pilih login dengan OpenID masukkan URL blog Anda, 
contoh : http://caraterupdate.blogspot.com, 
  • masukkan password myOpenID, 
  • setelah komentar Anda berhasil ditampilkan perhatikan Teks Link yang terbentuk pastikan link tersebut menunjuk ke URL blog Anda.

Sekian - Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID

Semoga posting singkat mengenai Cara Berkomentar Dengan Menggunakan OpenID ini bisa bermanfaat.  Apabila Anda mengetahui lebih banyak tentang OpenID, saya berharap Anda bisa berkontribusi, saling berbagi informasi dengan meninggalkan komentar di blog ini untuk kemajuan kita bersama.

0 comments:

Post a Comment